Home » » 3 Penyebab Kegagalan Bisnis Online Untuk Pemula

3 Penyebab Kegagalan Bisnis Online Untuk Pemula

Assalamualaikum Sahabat Dumay, di kesempatan kali ini saya akan membahas Penyebab Kegagalan Bisnis Online Untuk Pemula.


Banyak dari kita yang sering denger bahwa, ehh si A sekarang jadi kaya karena bisnis online, ada yang bilang juga, kalau bisnis online itu gak ada alias nipu. Buang semua fikiran negatif tentang bisnis online sahabatku. Mungkin ada sebagian dari kita yang meyakini bahwa yang di kerjakanya sekarang adalah bisnis online, dia membaca sebuah informasi lewat sebuah situs atau blog yang di dalamnya menjelaskan cara cepat dapet uang lewat internet hanya menggunakan sofwer, dan dia menjalankan kemudian meyakini bahwasanya itu adalah bisnis online, sebenarnya informasi seperti  itulah yang menyesatkan bagi para pemula yang sedang meraba dan mencari tahu apa itu sebenarnya bisnis online dan bagaimana cara kerjanya kemudian dari mana kita bisa mendapatkan uang dari bisnis tersebut. Anda bisa baca disini tentang cara mmendapatkan uang lewat internet yang riel dan tidak menipu.

Oke sekarang kita akan bahas mengenai penyebab kegagalan bisnis online untuk para pemula, kenapa mereka bisa gagal?, dan apa enyebabnya?, simak selengkapnya ea sob.

Mindset atau pola fikir yang salah

Kalau kalian berfikir bahwa bisnis online itu dapat menghasilkan uang dengan banyak dan cepat, kalian salah besar. Mindset seperti itulah yang menyebabkan para pemula gagal. Mereka meyakini hal tersebut, kemudian mencoba, dan putus asa di tengah jalan karena yang dia kerjakan tadi tidak kunjung membuahkan hasil, padahal dia sudah mengorbankan waktu dan tenaga yang banyak, setelah itu dia memutuskan untuk berhenti, dan gagal. Tidak ada yang bisa menjamin sebuah keberhasilan dari usaha anda. Namun semua kembali kepada pribadi anda masing-masing, tanyakan lagi pada diri anda, hehehe. Mau berhasil atau gagal, kalau pengen gagal ya,, hentikan sekarang juga usaha anda. Kalu masih penegen berhasil ea usaha, Usaha tidak menjamin sebuah keberhasilan, tapi di dalam usaha ada harapan. Begitu kata orang bijak bilang hehehe.

Memang benar ada yang mampu melakukanya dengan waktu yang relatif singkat kemudian mendapatkan banyak uang, tapi itu hanya mampu di lakukan oleh orang-orang tertentu saja, orang yang sudah bisa di katakan master, dan benar-benar tau bagai mana alur dan ceruk-beruk dunia bisnis online, bukan untuk pemula seperti kita, ingat hanya para master, jika anda bukanlah seorang master, maka belajarlah agar bisa jadi seperti mereka.

Bisnis online sejatinya sama dengan bisnis offline, hanya medianya saja yang berbeda, kita tetap harus melakukan promosi dan lain sebagainya.

Hanya cukup membuat websaite

Memang benar websaite adalah media utama untuk berbisnis di dunia online, websaite atau blog bisa kita ibaratkan sebuah toko bila dalam dunia offline, namun jika websaite kita hanya kita diamkan saja, maka tidak akan pernah akan ada orang yang datang mengunjungi. Bisa di ibaratkan kita punya toko namun toko tersebut terletak di sebuah lorong yang sulit di jangkau, apa akan ada pembeli?, tentu jawabanya sangat sulit atau bahkan tidak sama sekali, nah disinilah promosi sperti layaknya bisnis di dunia offline di butuhkan. Lantas bagai mana cara kita melakukan promosi, ada banyak cara untuk agar websaite kita banyak di kenal dan di kunjungi orang, namun cara yang paling sering bahkan mungkin semua pebisnis online menggunakan cara ini adalah optimasi SEO. Apa itu SEO?, SEO adalah sebuah cara atau trik yang dapat membuat websaite kita tampil di halaman pertama pencarian Search anggin seperti google, yahoo dan lainya (Ada bisa baca tentang pengertian SEO disni). Dengan tampilnya websaite kita di halaman mesin pencari saat seseorang menuliskan kata kunci yang berkaitan dengan artikel atau produk yang kita pasarkan di websaite kita, maka akan dengan mudah websaite atau blog kita mendapatkan pengunjung.

Terlalu Fokus Ke hal teknis

Kemampuan teknis dalam hal menjalankan bisnis online memang penting, namun itu bukanlah yang terpenting. Anda jangan pesimis karena anda tidak bisa membuat blog atau websaite, tidak mampu men-desain tampilanya dengan bagus. Jangan karena hal itu terus anda tidak mau terjun ke bisnis online. Semua itu hanya hal teknis yang bisa kita pelajari, yang terpenting adalah kemampuan marketing anda jika anda memilih bisnis jualan online atau affilite marketing (simak tentang Affiliate markrting). Dan yang maha penting adalah SEO, tanpa SEO semaua tidak akan berarti apa-apa, akan sia-sia. Byangkan jika anda sudah mampu membangun sebuah websaite dengan fitur dan tampilan yang super-duer keren, kemudian sudah mampu menulis arikel marketing yang maha memikat, tapi websaite anda tidak ada pengunjungnya, sia- sia bukan.

Jika anda ingin berhasil, jangan pernah putus asa, jika anda tidak mau gagal?, jawabanya sama terus berusaha dan jangan putus asa. Anda tidak akan pernah gagal selama anda masih mencoba dan terus mencoba, anda akan gagal jika anda berhenti berusaha.

Sebelum saya tutup arikel ini, ada beberapa tips dari saya agar berhasil dalam bisnis online.
  • Tips yang pertama, kumpulin materinya dulu, bisnis online model apa yang ingin di tekuni, lalu lakukan riset kecil-kecilan, cari tahu dari mana anda harus memulai dan bagaimana meng optimalkanya, jangan asal mulai-mulai adaj, entar bingung lo di tengah jalan.
  • Tips yang kedua, Jika anda pengen prosesnya lelbih cepat, maka belajarlah dari sumber yang tepat dan terus praktek, kalau perlu, carilah mentor yang bisa anda tanyai seputar bisnis yang ingin anda jalani. Untuk lebih memahaminya anda juga bisa bergabung dalam komunitas atau grup online yang temanya sama dengan bisnis anda, agar pengetahuan anda makin bertambah.
  • Tips yang ketiga, kalau anda pengen berhasil ea.. yakin. tekuni, terus belajar, yang optimal pokoknya hehehe, kalahin tu semua cerita-cerita orang sukses yang melalui perjuangan sangat keras, tunjukan ke mereka anda berjuang lebih keras. Sisanya tinggal Do'a, mudah-mudah ikhtiiar anda di kabulkan hehehe, semua kembali pada yang di atas lo.

Oke, Omm, Tante, Bro, Gays, cukup sekian yang bisa saya bagiin buat kalian, semoga bermanfaat. Kalau menurut kalian artikel ini bermanfaat silahlan tinggalin komen, dan mintak saran kritiknya juga. Dan buat kalian yang punya tips-tips menarik silahkan bagikan melalui komen di bawah. Sesungguhnya dengan berbagi segalanya akan lebih indah. cieeee..!

Oke tetep semangat, Salam kenal dari saya Wandj. Wassalam.

4 komentar:

Komentar Di Facebook