Home » » Apa Itu SEO, Tips Rengking Satu Google

Apa Itu SEO, Tips Rengking Satu Google

Apa Itu SEO, SEO adalah sebuah cara untuk membuat situs web atau blog kita mendapat Rengking di Google dan mesin pencari lainya, SEO sangat luas cakupanya, mari  sedikit kita bahas tentang SEO, mana yang bisa kita kategorikan sebagai cara optimasi SEO dan mana cara yang tergolong spamming.

Membuat websaite atau blog berada di rengking satu google atau minimal ada di halaman pertama google adalah impian semua blogger dan internet marketer. Salah satu syarat mutlak agar dapat memperoleh impian tersebut adalah, websaite atau blog anda harus mempunyai banyak backlink yang berkwalitas dari situs yang mempunyai PR tinggi, situs yang do follow dan relevan. Dengan banyak Backlink yang berkwalitas dan do follow maka semakin besar pula kesempatan websaite atau blog anda menjadi urutan teratas google.
Sebelum saya membahas tentang  tips yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan backlink yang berkwalitas dan do follow. Alangkah baiknya anda evaluasi setus anda terlebih dahulu, langkah pertama untuk mengevaluasi adalah lihat dulu situs anda, apakah sudah tepat dalam segi kegunaan atau belum, kegunaan yang saya maksut disini adalah, apakah situs anda sudah  benar memecahkan masalah dari audience yang anda targetkan.


Berikut cek lis yang bisa anda gunakan untuk mengevaluasi

  • Apakah situs anda sudah fokus pada masalah audience?, kalau belum, kenapa?, cari tahu dulu kemudian perbaiki.
  • Apakah sudah memberikan informasi yang di perlukan audience?, coba analisa dan kemudian perbakilah.
  • Apakah setiap halaman punya satu tujuan yang jelas, terkadang halaman depan dan halaman internal memang kurang focus, tapi tiap halaman masih bisa kita rubah menjadi sangat fokus.
Setelah membaca beberapa list tersebut, sekarang  apa yang harus anda lakukan?,  Yang harus anda lakukan adalah, berfikir lagi tentang tujuan dan target audience situs anda, kemudian incarlah kominatas local dulu agar bisa membangun ( branding ), dan kemudian manfaatkan situs tersebut sebagai landasan.
Anda sebenarnya tidak harus meniru langkah ”go loca” ini, Namun idealnya memang lebih bagus memperhatikan komunitas local dulu, memilih ceruk pasar yang lebih sempit untuk tahap awal.

Biasanya bergerak di pasar local dulu jauh lebih mudah karena kondisinya sudah di fahami, jadi buat kalian yang bergerak di adsanse atau affiliate network, sebaiknya maksimalkan dulu kemampuan anda di pasar lokal, karena pasar luar negri persaingan amat ketat.


Apa itu SEO sebenarnya ( Search Enggin Optimization )

Search Enggin Optimization  bukanlah program cepat kaya, juga bukanlah aktifitas yang hanya member hasil sementara dengan resiko di blacklist oleh mesin pencari. Disini kita tidak membahas mengenai etika ber-SEO, mesin menyediakan layanan, namun panduan dan kebijakan yang mereka keluarkan bukanlah hokum atau peraturan, tapi hanya sekedar pernyataan umum ( General Satement ).
Pernyataan umum tersebut sering kali simpang siur, tidak member petunjuk jelas tentang apa yang harus di lakukan “pejuang SEO” agar kata kunci (keywoard ) incaran mereka mendapat renking di SERP.
Meski begitu, mempertaruhkan websaite anda dengan melakukan optimalisasi yang bertentangan dengan mesin pencari dan bisa terindeksi oleh mesin pencari adalah tidakan yang salah.

Ada banyak metode yang lebih baik untuk mendominasi  SERP tanpa harus melakukan hal-hal yang  bisa membuat situs anda ditendang oleh google, Bing atau yahoo.
Pola berfikir dalam SEO harus bersifat jangka panjang, kalau anda melakukan SEO untuk keuntungan jangka pendek, maka itu bukanlah SEO, tapi trik untuk mengekploitasi kelemahan mesin pencari.
SEO adalah proses yang butuh waktu, sejumlah factor yang di gunakan untuk menentukan posisi di google misalnya, menggunakan waktu sebagai elemen perhitunganya.
Konsep seperti link-aging, sandbox ( atau trustboox, tergantung perspektif anda ), quality filter, dan domain aging .

Namun hal ini juga bukan berarti anda harus bertentangan dengan google. Anda Cuma harus berfikiran terbuka dan focus  kepada apa yang sudah terbukti berhasil dan di jamin bertahan untuk jangka panjang.

Jangan begitu saja percaya apapun yang dikatakan google, atau para dewa SEO, perhatikan perkembangan dunia SEO, focus dan gali pengalam anda sendiri.
SEO adalah proses untuk mengarahkan traffic pengunjung dari mesin pencari ke sebuah websaite. Ptoses ini tidak mungkin di mengerti kalau anda tidak faham bagaimana cara kerja mesin pencari. Secara khusus sebelum anda mulai belajar tentang SEO anda harus mengerti terllebih dahulu:
Bagaiman mesin pencari membaca ( meng-index ) websaite.
Bagaimana mesin pencari member peringkat atau rangking
Kenapa mesin pencari merubah algoritma pencarianya
Bagaimana dan kapan mesin pencari merubah algoritma
Poin 1 dan 2 relatif sudah di fahami, namun ada banyak informasi yang kadang salah, tapi selama anda punya sumber yang tepat, mempraktekan sendiri dan belajar menyaring mana-mana yang perlu dan tidak, anda akan mempunyai gambaran bagaimana mesin pencari member peribgkat sebuah websaite atau blog. Poin 3 dan 4 sangat menyulitkan bagi SEO, kenapa demikian,
Yang pertama, perubahan pada algoritma bisa membuat peringkat sebuah situs berubah, dan ada kemungkinan situs anda kehilangan peringkat atasnya.

Tidak tahu kapan mesin pencari meng-update algoritmanya ( setidaknya setelah anda melihat perubahan yang jelas atau beberapa orang di forum mulai mebahasnya ) berarti anda sebagai webmaster tidak akan pernah tahu kapan perubahan pada mesin pencari akan berefek negative.
Walaupun pentng  untuk memahami bagaimana cara mesin pencari “membaca” sebuah stus web dan menyimpanya di daam ndeks, bagi kita semua pelaku SEO adalah lebih relevan untuk mengetahui bagaimana caranya agar situs kita bisa tercantum dalam indeks mesin pencari, hanya ada satu cara yang benar agar websaite kita tercantum dalam indeks mesin pencari,  dan cara tersebut adalah mendapat tautan atau/link dari situs ain yang mengarah ke situs kita ( link bulidng ).

Dan contoh cara yang tidak benar yang sebenarnya malah merugikan websaite kita adalah menggunakan form pendaftaran (inluison/submission) pada mesin-mesin pencari menggunakan sofwer yang menjamin situs web anda terdaftar di mesin pencari, membayar spammer  yang menawarkan jasa situs anda tercantum di 100+ search enggin. Semua tu hanya bung-buang waktu dan biaya, hindari cara tersebut, alasanya karena membuat situs anda terindeks  sebagai spam oleh mesin pencari.
Ada beberapa cara untuk mendapat tautan ke websaite anda dengan mudah dan gratis, caranya tidak lain hanya menggunakan backlink dan backlink, namun harus backlink yang berkwalitas tentunya.
Oke, setelah semua anda analisa, tiba waktunya untuk berburu backlink, untuk mulai melakukan backlink, sebaiknya untuk umur blog atau websaite yang sudah lebih dari satu bulan, kalu umur blog atau websaite belum sampai segitu, tahan dulu, kalau anda memaksa, dampaknya akan buruk untuk blog atau websaite
anda, boro-boro dapet renking satu, ter-index sama mesin pencari adja enggak jadinya.

Inilah Tips utama yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan Backlink berkwalitas.

Bahasan marketing
Bahsan marketing salah satu tempat untuk mendapatkan Backlink yang sangat baik, bahasan marketing yang di maksut disini adalah, menulis banyak bahsan dpi bahsan direktori yang punya PR tinggi, dengan cara ini blog atau websaite anda akan mendapatkan backling berkwalitas dan permanen.
Komentar di blog
Komentar di blog masih menjadi salah satu cara ampuh untuk mendapatkan backlink berkwalitas. Anda bisa mengomentari blog yang punya tema sama dengan blog atau websaite anda, dan pilihlah blog yang punya PR tinggi serta do follow. Cara ini masih terbukti, sebagai contoh bloog para peserta kontes SEO pasti melakukan hal ini untuk meningkatkan posisi blog mereka di google.

Forum
Berkomentar di forum juga dapat menghasilkan backlink yang berkwalitas untuk websaite atau blog anda. Yang perlu anda lakukan hanya meletakan backlink anda di signature forum tersebut. Namun anda harus jeli memilih mana-mana forum yang bisa anda letakan backlink, karena tidak semua forum mengijinkan untuk membuat signature. Anda terlebih dahulu harus membaca aturan dari tiap-tiap forum. Silahkan anda lihat daftarnya di Do Follow forum.

Sosial Bokmark
Sosial Bokmark selain berguna untuk mendapatkan backlink, juga dapat mendatangkan trefic yang lumayan banyak dalam waktu yang relative singkat. Namun semua juga tergatung seberapa trend-kah informasi yang anda bagikan pada situs social Bokmark. Silahkan daftarnya di Do Follow social bookmark Indonesia.

MlM system
Nah yang ini bisa di katakana cara terbaik untuk mendapatkan backlink berkwalitas. Dengan cara ini Backlink akan terus bertambah dengan sendirinya bahkan saat anda tidur. Orang lain yang akan membantu membuatkan backlink bagi blog anda. Lihat daftarnya di Backlink MLM System

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Di Facebook