Home » » Cara Ampuh Melakukan Riset Keyword Untuk Optimasi SEO

Cara Ampuh Melakukan Riset Keyword Untuk Optimasi SEO

Riset keyword sangat penting fungsinya untuk blog kita, selain untuk mengetahui seberapa banyak tingkat pencarian ataupun persaingan tentang kata kunci atau produk yang ingin kita shere melalui artikel menggunakan blog kita. Kata kunci atau keyword ini juga penting untuk optimasi SEO blog kita di search anggin, agar blog kita mampu tampil minimal di halaman pertama google saat seseorang menuliskan kata kunci yang berkaitan dengan artikel yang ada diblog kita.
Sebelum kita memutuskan untuk mulai memasarkan produk atau menulis artikel, sangat di anjurkan untuk menganalisa terlebih dahulu seputar produk ataupun topik dalam sebuah artikel. Dengan cara ini kita dapat mengetahui grafik pencarianya, dan dengan itu kita dapat melihat, seberapa banyak orang yang mencari produk ataupun informsi yang berkaitan dengan blog kita, ada peningkatan atau tidak dari tahun ke tahun.

Ada beberapa langkah yang wajib kita lakukan sebelum mulai memasarkan sebuah produk atau menulis artikel suatu topik di blog kita.
  • Pertama kita bisa amati trend pencarianya menggunakan google trend, lakukan dengan beberapa langkah berikut.Buka web browser kalian dan ketikan http://www.google.co.id/trends lalu tekan enter.
  • Selanjutnya, halaman situs google trend akan terbuka. Perlu anda ketahui bahwa google trend ini adalah sebuah tools (alat) yang ada di internet, di mana alat tersebut berfungsi untuk mencari tren pencarian suatu kata kunci di google. Semakin tinggi tingkat pencarian kata kunci tersebut, itu tanda bahwa popularitas kata kunci tersebut juga tinggi.
  • kemudian kita ketikan kata kunci di kotak isian yang sudah tersedia, misalkan kita akan mencari tahu trend tentang fashion.


Maka selankutnya google trend akan menmpilkan grafik trend pencarian kata kunci "fashion" dari tahun 2005 sampai saat ini.



bisa di lihat bahwa tren pencarian Fashion ini naik turun, sempat naik di pertengan 2006, dan kemudian anjlok lagi di tahun ini. Nah di google trend kita bisa menganalisa  trend di suatu wilayah tertentu, misalakan nich kita mau masarin suatu produk tentang "fashion" di internet, kita pilih wilayah indinesia sebagai target, maka kita bisa menganalisa secara fokus untuk wilayah indonesia saja, caranya kita tinggal arahkan kursor ke bagian pengaturan yang berada di bawah kotak isian. Selanjutnya di bagian seluruh dunia anda ganti menjadi indonesia.


lalu amati data yang di berikan google, disitu tertera seberapa banyak kata kunci terkait yang pernah di gunkan di tiap-tiaap wilayah indonesia. Dan di bagian kawasan mana saja tingkat pencarian kata kunci "fashion" tadi cukup tinggi.

Nah itulah pentingnya menganalisa trend pasar sebelum kita terjun ke dunia bisnis online kususnya affiliate marketing, google trend adalah alat yang sangat membantu kita sebelum memasarkan suatu produk di internet.
Kalau google trend sangat cocok untuk menganalisa sebuah produk, berbeda dengan google keywoard planner. Google keywoard planner juga merupakan alat yang ada di internet, fungsinya hampir kurang lebih sama, hanya saja google keywoard planner lebih cenderung untuk menganalisa kata kunci saja, dengan google keywoard planner kita dapat mengetahui berapa banyak jumlah pencarian tiap bulan, kita juga dapat mengetahui keywoard-keywoard turunan seputar keywoard inti yang kita cari.
Sebelum memposting artikel di blog, sangat di anjurkan untuk menggunakan goole keywoard planner untuk meriset kata kunci, kata kunci tersebut akan kita gunakan sebagai judul postingan kita.

Buka browser anda dan ketikan google keyword planner

Lalu klik link tersebut, kemudian akan muncul halaman google keyword planner.















 Lalu ketikan kata kunci misalnya "fashion" kemudian klik get edie, lalu akan muncul data seperti berikut,


Anda bisa amati datanya, seberapa banyak tingkat pencarianya tiap bulan, dan seberapa berat kompetitor atau persainganya, medium itu berarti tingkat persainganya sedang, dan high berarti tinggi, untuk pemula saya sarankan pilihlah kata kunci yang punya tingkat pencarian banyak, dan persaingan low atau masih rendah, dengan demikian blog anda akan cepat dapat renking di google.
Tulis dan simpan dalam sebuah folder di komputer anda semua kata yang berkaitan dengan tema blog anda beserta kata kunci turunaya, agar saat anda ingin membuat artikel, anda hanya perlu mengembangkan tiap kata kunci tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Di Facebook