Home » » Belajar bisnis Affiliate Marketing

Belajar bisnis Affiliate Marketing



Ditengan hingar bingar bisnis online, bisnis affiliate marketing adalah salah satu model bisnis yang sangat potensial. Affiliate marketing ini sangat luar biasa?, karena bisa di jalankan oeh siapa saja, bahkan secara paruh waktu. Baik pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, orang kantoran, pengusaha, profesional, semua bisa menjaankan affiliate marketing.
 

Apa itu affiliate marketing?, Affiliate marketing bisa di artikan pemasaran affiliasi, yang artinya adaah kita akan memasarkan produk orang lain, Lalu kemudian jika kita berhasil menjual produk tadi maka kita akan mendapatkan komisi dari si pemiik produk. Contoh si A mau jual laptop, nah anda membantu mencarikan pembeli untuk si A tadi, datanglah si B yang mau beli laptop, kemudian anda arahkan si B kepada si A, akhirnya si A berhasil menjual laptop karena upaya anda. Nah si A akan memberikan komisi kepada anda.
seperti itulah konsep bisnis Affiliate markrting. Tugas kita hanya menjadi penghubung antara si pembeli dan penjual, kalau ada orang yang membeli produk karena upaya promosi kita, maka kita akan mendapatkan komisi.

Kalau Product Creation ( Sudah saya bahas di cara menghasilkan uang dari blog ) di anggap sebagai model bisnis online yang paling sempurna dan stabil, maka Affiiate marketing di anggap sebagai model bisnis online yang paing cocok untuk pemula. Kenapa bisa demikian?, karena tugas pelaku bisnis hanya memasarkan produk supaya produk tersebut mendapatkan pembeli. Si pelaku tidak harus pusing membuat produk, mengemas produk, melakukan distribusi produk, menjawab keluhan pelanggan, membangun websaite penjualan produk, tugasnya hanya satu, fokus dalam pemasaran saja.
Agar kita bisa meakukan kegiatan menghasilkan uang dari internet dengan Affliate marketing ( pemasaran Affiliasi ),maka yang pertama kita harus memiliki websaite atau blog sebagai media pemasaran ( baca cara bikin blog gratis ), kita juga harus bekerja sama dengan penyedia layanan affiliasi di internet, di internet banyak sekali situs penyedia layanan affiiasi, mulai dari yang loka indonesia, sampai yang luar negri sepeti Clickbank.com, dan amzon.com. Namun untuk pemula saya sarankan main di lokal dulu, kalau udah mahir, baru bisa memanjangkan sayap untuk yang luar negri juga, pendapatan dari penyedia affiliasi lokal dan luar negri juga beda, karena mata uangnya juga udah beda.

Kelebihan menjalankan Affiliate marketing

Tentu kenapa saya merekomendasikan Affiliate marketing di artikel saya ini ada alasanya, alasanya karena affiliate marketing punya segudang kelebihan untuk di jalankan oleh kita yang baru ingin memulai terjun ke bisnis online.

  • kelebihan pertama adalah relatif cepat menjalankanya,kenapa demikian? karena anda tidak perlu repot-repot membuat produk dulu, anda tinggal memasarkan produk orang lain. Bisa anda bayangkan kalau anda main di product creation, Anda harus buat produk dulu, lounching produk dulu, harus buat websaite penawaran, websaite penawaran pelanggan dan sebagainya. Bagi seorang pemula har seperti yang saya uraikan tadi sayangat membingungkan dan melelahkan bukan, nah kalau di affiliate marketing anda bisa langsung tancap gas sekarang.
  • Modal relatif ebih murah, kenapa, karena anda tidak peru membuat produk tadi itu, jangan kira membuat produk itu akan sepenuhnya gratis, ada biayanya pasti, belom lagi anda harus korban tenaga, waktu, dan fikiran. dengan affliate marketing, ada biaya yang tidak harus anda keuarkan, seperti biaya untuk membuat websaite penawaran, websaite keluhan pelanggan dan biaya lainya.
  • Resiko kerugian relatif lebih kecil, coba bayangkan kalalu anda main di product creation, anda sudah korban ( uang, tenaga, waktu, dan fikiran ), sudah bayar orang untuk buat websaite yang keren, eh ternyata produknya tidak laku, itu dah jelas rugi banget kan!. berbeda kaau kita di posisi sebagai affiliate marketer, ada banyak biaya yang bisa kita minimalisir, resiko kerugianpun semakin kecil, anda bisa saja hanya menggunakan media blog, dan menulis artikel seputar produk tersebut kemudian sedikit menambahkan kalimat agar pembaca tertarik membeli produk yang anda tawarkan, kalu begitu kan kita cuman modal waktu sama biaya buat koneksi internet saja, ea gak hehehehe.

Selain kelebihan-kelebihan yang sudah saya sebutkan tadi, masih ada satu lagi kelebihanya nih,, Anda tidak perlu kwatir kehabisan stock, karena buanyak sekali produk sejedis yang bisa anda pasarkan, contoh ni, anda mau masirin produk tentang boneka misalnya, (saran saya, carilah produk yang anda sukai, atau yang berkaitan dengan hobi, jadi anda bisa lebih rileks dan nyaman memasarkanya) coba anda buka di lazada.co.id berapa banyak coba, produk yang berkaitan dengan boneka banyak banget kan.

Kendati demikian, affiliate marketing juga bukan tidak punya kekurangan. Beberapa contoh berikut harus anda jadikan pertimbangan agar berhati-hati dalam memilih websaite penyedia affiliasi.


Kekurangan Affiliate marketing
  • Rawan di pecat, ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang affiliate marketer di suatu penyedia layanan affiliasi, maka anda bekerja dan terikat perjanjian dengan si penyedia layanan affiiasi tadi, nah kalau ada syarat dan ketentuan yang di langgar, maka bis-bisa akun affiliasi anda di beri sanksi bahkan bisa-bisa di hapus. la kalau akun kita di hapu, ea hilang lah sudah salah satu sumber pnghasilan kita. Inilah kekurang pertama dari affiliate marketing, kita masih terikat dengan sistem, jadi kita bukan pemilik dari sistem itu sendiri. Baca model-model bisnis online.
  • Waspada dari penyedia layanan affiliasi yang menipu. Menipu ini bisa beragam. Mulai dari memanipulasi klik yang anda dapat, misalkan anda memiliki 200 klik dalam sehari, nah yang tercantum di sistem affiliasi hanya 50, sisanya di curangi, bisa saja hal seperti itu terjadi. Atau yang lebih parahnya lagi ada layanan penyedia affiliasi yang justru tidak membayar para affiliate marketernya. intinya kita harus lebih slektif dalam memilih. Saran saya amati dan buat riset kecil-kecilan tentang penyedia layanan affiliasi yang ingin anda ikuti, apakah sudah terbukti membayar atau tidak, atau mungkin sudah ada yang pernah tertipu.

Sebelum mulai memasarkan produk dengan affilite marketing, anda harus menentukan dulu produkapa yang ingin anda pasarkan. Bagaimana cara menentukan produk?, ini dia langkah-langkahnya:

  • Tentukan nice yang ingin anda masuki( sudah saya shere di artikel saya tentang jenis niche dalam internet ) Tentukan anda mau main di niche apa?, apakah niche yang passionate, atau justru niche produk yang di butuhkan orang-orang.
  • Selanjutnya fikirkan kira-kira produk apa yang ingin anda poasarkan kemudian catatlah, atau anda bikin forlder baru di komputer anda. Carilah produk turunan dari niche yang anda tentukan tadi, Misalkan kita memilih untuk masuk ke niche harry potter. Kita tinggal cari kira-kira produk apa yang ingin kita pasarkan, dimana produk tersebut berhubungan dengan harry potter, misalnya dvd harry potters, kaos harry poter, mainan harry potter dan banyak lagi.

Itulah dua langkah menentukan produk yang ingin kita pasarkan dalam affiliate marketing. Intinya sebelum anda terjun ke bidang bisnis online affiliate marketing yang pertama:
Anda harus punya websaite atau blog, ( baca cara bikin blog ) dimana fungsi websaite atau blog tadi adalah sebagai media pemasaran kita. Jika anda tidak punya blog maka akan sangat susah, kenapa? karena affiliate marketing adalah bisnis di bidang internet, jadi kita harus menggunakan media yang terkonek dengan internet pula, dan kenapa harus blog?, karena hampir rata-rata pengguna internet mencari informasi menggunakan search anggin seperti google, jadi jika anda punya blog yang bagus, akan sangat menentukan kelangsungan bisnis anda. Kenapa demikian?, jika blog anda memang benar-benar bagus, saat seseorang mengetik kata kunci di search anggin, dan kata kunci tersebut berkaitan dengan tema blog anda, maka secara otomatis blog anda akan tampil di halaman pertama google, dengan demikian kesempatan orang membeli akan semakin banyak.


Anda harus menentukan niche apa yang ingin anda masuki , setelah menentukan jedis niche, kemudian amati ( cara mengamati disini), agar anda tau seberapa banyak tingkat pencarian yang berkaitan dengan produk anda.
 

Berhati-hati dalam memilih penyedia layanan affiliate marketing, yang namanya layanan lokal ea begitulah, banyak banget penipuan, karena itu anda harus benar-benar jeli dalam memilih, saran saya cari penyedia layanan affiliasi yang sudah teruji kredibilitasnya, karena biasanya perusahaan besar akan lebih mementingkan nama baiknya di mata konsumen.

Itulah bebera tips yang bisa anda jadikan refrensi sebelum memulai affiliate marketing, cukup rumit ea, hehee, tapi tetep semangat adja, saat anda berhasil mendapatkan komisi pertama anda, disitulah momentum yang akan membakar semangat kita, namanya awal pasti bakal sedikit kesusahan, apalagi yang belajar dengan otodidak, tapi semua balik pada diri kita masing-masing, kalau kita yakin pasti bisa kok, asal banyak belajar dan praktek.

Bisnis tanpa modal terbaru, Dropsiper

2 komentar:

Komentar Di Facebook